Ahmad Zaky - Bukalapak
Bukalapak.com adalah e-commerce
online marketplace yang bertujuan memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM)
Indonesia dengan menjual produk-produk UKM secara online. Sejak didirikan pada
tahun 2010, kini Bukalapak telah menjadi e-commerce besar yang paling
berkembang di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan penjualan 20 persen perbulan.
Siapa dibalik suksesnya
bukalapak? Dialah Ahmad Zaky. Achmad Zaky lahir tahun 1986 di Sragen, Jawa
Tengah. Ia merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik
Informatika, angkatan 2008.
Sebenarnya sebelum memulai ini
semua, setelah lulus kuliah Zaky berkeinginan bekerja di BCG atau Mckinsey.
Tetapi ia ditolak dan gagal mendapatkan pekerjaan di kedua tempat itu.
Sebenarnya sebelum masuk ITB,
tujuannya kuliah hanya berkeinginan memperoleh pekerjaan bagus dengan gaji
besar. Namun seiring berjalannya waktu setelah kuliah ia mengalami perubahan
cara berfikir. Dimana di ITB itu sangat entreprenerial, karena lulusannya yang
menjadi pengusaha bisa menjadi role model, seperti Aburizal Bakrie dan Arifin
Panigoro yang sukses menjadi pengusaha sukses di tanah air. Oleh karena itu
setelah lulus di ITB pilihannya hanya ada dua, yaitu kerja di perusahaan besar
seperti Mckinsey dan BCG atau membangun perusahaan sendiri.
Akhirnya sejak kuliah ia sudah
berkecimpung di dunia StartUp dengan mendirikan Suitmedia, yakni perusahaan
jasa konsultan website perusahaan, dan hingga kini usaha ini masih tetap
dijalani. Pada 2010, melihat perkembangan Suitmedia tumbuh sangat pesat.
Setahun kemudian ia mendirikan Bukalapak. Sejak itulah ia memutuskan untuk
fokus membangun Bukalapak menjadi online marketplace terpercaya yang banyak
dikenal masyarakat Indonesia.
Berawal dari garasi, Achmad Zaky
bersama Nugroho (juga pendiri Bukalapak) yang memiliki pengalaman membuat dan me-marketingkan
website di Suitmedia, sadar bahwa para seller dan buyer menginginkan sebuah
situs online marketplace yang bisa mempertemukan antara penjual dan pembeli
secara aman (tanpa penipuan). Mereka pun akhirnya membuat sebuah situs online
marketplace bernamakan Bukalapak.com.
Diawal hanya 3 orang yang
terlibat di Bukalapak, 1 orang sebagai staf, 1 orang bantu-bantu, dan 1 orang
lagi yaitu Achmad Zaky sendiri yang secara masif mengajak orang-orang bergabung
di Bukalapak. Ia mengundang orang-orang bergabung saat di sela-sela pekerjaan
di Suitmedia.
Ketika itu melalui fitur message
di Facebook ia hanya bisa mengajak 100 orang perhari untuk mengajak orang
berjualan di Bukalapak. Tantangan terberatnya dalam mengajak seller bergabung
yaitu masalah kepercayaan terhadap e-commerce, karena kebanyakan orang takut
tertipu. Jadi diawal ia dan tim fokus menyelesaikan masalah kepercayaan dengan
cara mengedukasi seller. Kala itu Bukalapak sering membuat kisah sukses seller
dan menyebarkannya ke Twitter guna mengedukasi seller lain agar menjadi seller
terpercaya.
Ia bermimpi untuk menjadikan
Bukalapak sebagai sarana online marketplace yang aman dan menjanjikan di masa
depan. Bukalapak hadir mewadahi sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di
Indonesia untuk tumbuh berkembang melalui internet.
Ia yakin bahwa peluang e-commerce
sangat terbuka lebar. Setiap orang dapat bergabung serta menjadi penjual dan
pembeli secara gratis. Baginya berjualan di toko fisik membutuhkan investasi
besar, seperti biaya sewa toko. Nah, pengeluaran semacam itu dapat dipangkas
apabila berjualan melalui internet.
Kemudian setelah didirikan,
Bukalapak mengalami kemajuan pesat dalam kurun waktu 3 tahun sejak didirikan
pada 2011, Bukalapak.com telah memiliki 150.000 penjual. Produk yang dijual pun
sangat beragam, mulai dari elektronik, makanan hingga produk fashion..
sumber:
https://www.serupedia.com/2017/04/inovator-muda-indonesia-sukses.html
https://www.finansialku.com/wp-content/uploads/2015/11/Kisah-Sukses-Achmad-Zaky-pendiri-BukaLapak.com-Perencana-Keuangan-Independen-Finansialku.jpg
0 komentar :